Setir Bisnis

Artikel, Tips, Inspirasi Bisnis Indonesia

Ingin Sukses Menjual: Gunakan Ekspresi Wajah (Facial Expression)


Gunakan ekspresi wajah untuk memberikan penekanan pada perkataan Anda. Penekanan ini tidak selalu pada semua kata-kata Anda, hanya tekankan pada bagian pesan yang penting bagi Anda yang Anda ingin pelanggan Anda tahu bahwa pesan itu penting. “produk ini benar-benar beda dengan yang lain bu, produk ini bisa membersihkan kerak-kerak hanya dalam waktu 5 detik!” ketika Anda mengatakan 5 detik pastikan menggunakan ekspresi wajah yang meyakinkan dan mendukung penjelasan Anda. Seperti badan condong ke pelanggan, mata agak melotot, dan melakukan penekanan pada suara.
“Wah, itu luar biasa bu!”, ketika Anda ingin menujukkan kekaguman Anda pada pelanggan Anda, tunjukkan itu dengan alamiah. Jangan pernah membuat-buat kekaguman palsu. Ketika menunjukkan kekaguman atau pemahaman pastikan mulut dan bibir Anda menyerupai O agak lama, dengan mata terbelalak, dan gerakan tangan terbuka dan menengadah, bukan menyilangkannya. Jangan sampai Anda berkata “wah, saya sampai kaget bu!” seperti robot-tanpa ekspresi -_-

Ekspresi wajah memberikan kesan positif. Anda akan tampak seperti manusia, bukan seperti robot yang kaku dan dingin. Anda akan dinilai oleh pelanggan Anda sebagai orang yang hangat, sportif, jujur, penuh pengertian & perhatian, dan terbuka.

Tanpa ekspresi wajah memberikan kesan negatif. Apabila Anda berbicara tanpa menggunakan ekspresi wajah, maka pelanggan Anda seperti mendengarkan siaran radio yang kaku dan membosankan. Dan tanpa ekspresi wajah, kesan yang ditimbulkan adalah pribadi yang dingin, tertutup, kurang empatik, munafik, dan tidak jujur.

Mengapa harus ekspresi wajah. Manfaat menggunakan ekspresi wakah telah saya paparkan diatas. Lalu apakah hanya dengan ekspresi wajah saja yang dapat memberikan kesan diatas, sebenarnya tidak hanya itu, aka nada banyak sekali cara untuk membuat Anda terkesan positif di depan pelanggan Anda, salah satunya dengan menggunakan open-body language dalam selling. Selain itu juga intonasi, pemilihan kata-kata, kesesuaian bahasa dengan budaya orang yang sedang diajak berbicara. Dengan menguasai berbagai hal tersebut Anda bukan hanya dapat menjadi penjual yang menarik, namun dapat menjadi teman, orang tua, pasangan, dan guru yang menarik bagi orang lain.

Bagaimana berlatih untuk dapat menjadi ekspresif. Ekspresif ini dipengaruhi banyak oleh gender dan kepribadian. Perempuan memiliki wajah yang lebih ekspresif dibandingkan laki-laki, karena perempuan kodratnya adalah untuk bersosialisasi, dimana kesehariannya diisi oleh berkomunikasi dengan teman-teman atau rekan mereka, sehingga mereka jauh lebih banyak meilihat dan  mempraktekkan (sadar maupun tidak sadar) ekspresi wajah tersebut. Untuk perempuan, tidak perlu banyak berlatih untuk dapat menjadi pribadi yang ekspresif, hanya perlu berlatih menyadari ekspresi wajah yang sedang ia alami. Dengan kesadaran ini, maka ia akan menjadi lebih teratur dan bijaksana dalam menggunakannya.

Lalu bagaimana dengan laki-laki, sebagian besar dari laki-lakii memiliki ekspresi wajah yang datar ketika mereka berkomunikasi. Mereka perlu latihan khusus untuk mempraktekkan ekspresi wajah. Laki-laki lebih sulit untuk membaca dan mempraktekkan ini karena dasarnya mereka jarang sekali berhubungan dengan orang lain dengan intens. Oleh karena itu perlu adanya latihan khusus seperti:
  1. Googling di internet ekspresi senang, marah, sedih, kaget, takut, dan lain sebagainya.
  2. Membaca buku mengenai ekspresi wajah, saya sarankan membaca buku dari Paul Ekman-Ahli dalam ekspresi wajah dan mendeteksi kebohongan
  3. Mempraktekannya langsung dalam pembicaraan sehari-hari, untuk melenturkan dan membiasakan otot-otot wajah agar terbiasa pada waktu yang sesuai. Jangan sampai Anda tertawa ketika yang lain bersedih, dan bersedih ketika yang lain tertawa (kalimat terakhir ini lelucon saja.hehe). (*Afiev)
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Marketing / Tips Bisnis dengan judul Ingin Sukses Menjual: Gunakan Ekspresi Wajah (Facial Expression). Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://setirbisnis.blogspot.com/2013/06/ingin-sukses-menjual-gunakan-ekspresi.html. Segala bentuk Copy Paste wajib disertakan link balik ke blog ini. Terima kasih!
Ditulis oleh: afiev dewanta - Wednesday, 26 June 2013

Belum ada komentar untuk "Ingin Sukses Menjual: Gunakan Ekspresi Wajah (Facial Expression)"

Post a Comment