Setir Bisnis

Artikel, Tips, Inspirasi Bisnis Indonesia

Rahasia Senyuman yang dalam Menjual


Apa yang Anda rasakan ketika kedatangan seorang sales? Risih, enggan berlama-lama, atau justru asyik bercengkrama dengannya? Kemungkinan ketika si sales tersebut bisa membuat Anda nyaman, dia memiliki trik jitu yang dapat memikat Anda untuk bercengkrama dan akhirnya Anda pun membeli produk darinya.

Tidak ada satu orangpun di dunia ini yang tidak senang ketika mereka mendapatkan senyum yang tulus dari seseorang. Ketika Anda mendapatkan senyum, Anda pasti merasa dihargai, dihormati, dan dicintai bukan? Itulah mengapa semua orang suka apabila mendapatkan senyuman, bahkan beberapa hewan seperti primata pun dapat membedakan orang yang senyum dengan tulus atau senyum palsu. Menarik bukan?

So, ketika Anda dalam konteks menjual, apa yang seharusnya Anda lakukan untuk mendapatkan “hati” dari prospek atau pelanggan Anda? SENYUM. Ya, itulah jawabannya. Namun senyum seperti apa yang dapat menjual itu?

Tersenyumlah mulai awal hingga akhir pertemuan Anda dengan pelanggan Anda. Walaupun ketika dia marah tetap berlakulah ramah dan memberikan solusi dengan senyuman. Dalam arti ini senyum Anda harus TULUS. Mengapa saya tulis besar dan tebal, karena banyak sekali sales yang memiliki senyum yang manis namun tidak benar-benar tulus atas sunyumannya tersebut. Akhirnya, memang benar mereka melakukan penjualan barang, namun pelanggan tersebut jarang sekali yang menjadi pelanggan tetap yang melakukan repeat order.
Mengapa saya menginginkan Anda menjual dengan senyuman yang tulus, karena dalam senyuman tulus, ada gelombang energi yang lebih besar. Seperti magnet, semakin besar daya tariknya, maka semakin banyak dan semakin besar pula yang dapat ia tarik. Sama hukumnya dengan senyuman Anda.

Bagaimana untuk menciptakan senyuman yang tulus, benar-benar tulus. Maka satu saran dari saya adalah niatkan dan katakan dalam hati Saya senang bersama Anda”.Jika Anda sudah nyaman dengan prospek Anda, maka bukan lagi terbentuk perbincangan antara penjual dan pembeli, namun pembicaraan antar sahabat yang saling menguntungkan. Walaupun toh nantinya orang itu tidak membeli produk Anda, saya yakin dia akan merekomendasikan Anda kepada rekannya yang lain, paling tidak dia akan selalu mengenang Anda. Catatan, berilah ia kartu nama Anda agar mudah mengingat Anda. 

Lantas apa yang manfaat dari senyuman tulus tersebut. Seperti sudah tertulis diatas,senyuman tulus dapat membuat peluang rezeki Anda bertambah banyak dan besar, mungkin nampaknya sedikit berlebihan, namun itulah faktanya. Dan perlu Anda ketahui, senyuman Anda akan dibalas sama dengan pelanggan Anda, jika Anda tulus, maka ia akan tulus pula begitu senyum Anda palsu-hanya untuk menghormati dan sopan, maka tunggu saatnya Anda dibalas dengan seyum palsu pula dari prospek atau pelanggan Anda. (*Afiev)
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Marketing / Tips Bisnis dengan judul Rahasia Senyuman yang dalam Menjual. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://setirbisnis.blogspot.com/2013/06/Rahasia-Senyuman.html. Segala bentuk Copy Paste wajib disertakan link balik ke blog ini. Terima kasih!
Ditulis oleh: afiev dewanta - Wednesday, 26 June 2013

1 Komentar untuk "Rahasia Senyuman yang dalam Menjual"

  1. wah bisa dapat pembelajaran baru untuk berjualan nih! thanks

    ReplyDelete