Setir Bisnis

Artikel, Tips, Inspirasi Bisnis Indonesia

Cara Efektif Mempromosikan Brand Baru

brand kunci sukses berbisnis mengembangkan brand merek dagang


Brand adalah sesuatu yang penting dalam bisnis. Banyak perusahaan yang mati-matian mengeluarkan upaya agar brandnya di kenal. Cara-cara tersebut ditempuh mulai dari yang gratis sampai harus merogoh kocek milyaran. Karena brand adalah kunci untuk memenangkan hati pelanggan pertama kali.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan cara efektif untuk membangun brand Anda dengan efisien. Efisien disini dapat dikatakan tanpa modal banyak, namun memang menuntut upaya yang lebih dari pemilik usaha. Cara ini cocok untuk usaha kecil menengah dan usaha menegah. Karena biasanya bisnis yang berskala besar menggunakan jasa orang lain.


1. Gunakan semaksimal mungkin network / jaringan Anda

Hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat daftar nama. Daftar nama disini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui seberapa banyak potensi Anda mempromosikan brand Anda.
Daftar nama tersebut dapat Anda buat di excel. Daftar nama yang paling mudah dan sederhana yang  Anda buat adalah dari daftar kontak telepon Anda. Setelah kontak telepon Anda, Anda dapat menambahkan daftar teman BBM, facebook, chat, dsb.

Setelah daftar nama Anda terkumpul sebanyak-banyaknya (ini tergantung seberapa besar niat Anda mempromosikan brand Anda) mulailah memprioritaskan nama orang-orang yang berpotensi untuk pengembangan usaha Anda. Anda dapat  mengklasifikasikannya berdasarkan orang yang pandai bicara, orang yang memiliki bisnis serupa, atau mungkin keluarga dan teman dekat Anda.


2. Berikan tester produk kepada calon pelanggan. 

Memang tidak semua produk dapat diambil testernya, contoh: meubel, kita tidak mungkin membawa produk besar kemana-mana, mungkin Anda dapat membawa contoh potongan kayu atau hanya katalog produk saja tidak masalah.

Manfaatkan daftar nama diatas adalah pada tahap ini, Anda dapat memberikan tester kepada orang pilihan Anda diatas. Tujuan pemberian tester ini adalah untuk mengetehui feedback dari calon pelanggan, selain itu mereka tentu akan mengetahui bahwa Anda memiliki produk tersebut bukan?

Dengan mereka mengetahui produk / jasa Anda, Anda dapat memberikan kartu nama kepada mereka dan beberapa tester tambahan, dan sampaikan kepada mereka untuk membantu Anda memberikan tester tambahan tersebut kepada keluarga atau teman mereka yang lain. Dan jangan lupa memberikan kartu nama atau informasi dimana mereka bisa menghubungi Anda ketika mereka tertarik dengan produk Anda.

Dengan cara ini, maka jaringan pengguna produk Anda akan meluas. Memang tidak semua orang akan benar-benar bersedia membantu Anda, namun akan ada beberapa orang yang akan tulus membantu Anda. Ini kembali lagi ke seberapa banyak daftar nama dan pemberian tester produk kepada orang yang ada pada daftar nama tersebut. Tidak ada bisnis baru yang langsung berhasil kan?

Dari berbagai pengalaman Anda memberikan tester tersebut tentunya nanti Anda akan mendapat banyak masukan baru, masukan baru yang mungkin tidak pernah terpikir oleh Anda sebelumnya. Dan dalam proses ini jadilah lebih senang mendengar, karena feedback dari customer adalah hal yang sangat berharga jika Anda sadari. (*Afiev)
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Marketing / Tips Bisnis dengan judul Cara Efektif Mempromosikan Brand Baru. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://setirbisnis.blogspot.com/2013/06/cara-efektif-mempromosikan-brand-baru.html. Segala bentuk Copy Paste wajib disertakan link balik ke blog ini. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Wednesday 26 June 2013

Belum ada komentar untuk "Cara Efektif Mempromosikan Brand Baru"

Post a Comment