Setir Bisnis

Artikel, Tips, Inspirasi Bisnis Indonesia

3 Tahapan Sebelum Pelanggan Membeli

3 Tahapan Sebelum Pelanggan Membeli

Pernahkah Anda bertanya kepada diri Anda ketika deal dengan pelanggan Anda, kemudian Anda bertanya “mengapa dia bisa membeli produk saya?”. Menarik bukan, dibawah ini adalah tahapan dari pembeli sebelum memutuskan untuk membeli produk. Jika Anda dapat mengetahui rahasia ini, Anda akan dapat mengembangkan presentasi bisnis Anda untuk dijadikan suatu sistem yang Anda dapat ulangi kapanpun dengan mudah karena telah mengetahui tahapannya.

1. Rasa penasaran. 

Ketika Anda mulai mempresentasikan produk atau jasa Anda, pasti pelanggan Anda akan merasa penasaran  tentang apakah yang Anda jual sebenarnya, apa manfaatnya, berapa harganya, dsb. Pada tahapan ini Anda dapat mempercantik beberapa bagian presentasi Anda dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan ringan kepada pelanggan Anda “Menurut Anda mengapa produk ini penting untuk dimiliki para ibu?” dengan pertanyaan demikian otomatis Anda telah mengajak pelanggan Anda untuk ikut terlibat dalam menganggap produk tersebut itu penting.  

Pada saat inilah Anda dapat menambahkan beberapa fakta dan testimonial menarik untuk mendukung jawaban yang pelanggan Anda kemukaan untuk membuatnya lebih penasaran dan membuka pemikirannya untuk berdiskusi dengan Anda.

2. Paham. 

Setelah Anda memberikan informasi dan saling berdiskusi, maka mengenai produk atau jasa yang Anda sedang tawarkan, maka ia akan berada pada tahapan paham terhadap produk Anda. Tahapan ini ditandai dengan ia bertanya lebih dalam  dan detail tentang produk yang Anda tawarkan. 

Atau Anda dapat mengkonfirmasi tingkat kepahaman mereka dengan cara bertanya kembali kepada mereka “kira-kira menurut ibu, ketika ibu memiliki produk ini, akan digunakan seperti apa?”  dengan bertanya demikian Anda sudah mendapatkan jawaban apakah mereka paham dan apakah mereka telah memiliki bayangan akan menggunakan produk Anda.

3. Keputusan.

Ketika pelanggan Anda telah melewati tahap kedua, maka paling tidak ia telah membayangkan manfaat yang akan ia dapatkan dan apa yang akan ia lakukan dengan produk atau jasa Anda. Pada tahap ini Anda hanya perlu finishing touch yaituibarat seseorang sudah mau untuk ikut Anda ke sumur, Anda tinggal mendorongnya sedikit agar dia kecemplung (maaf contohnya agak eksrim, supaya memudahkan memahami.hehe). 

Jadi yang harus Anda lakukan adalah mengajaknya membeli “jadi ibu mau membeli barang ini satu atau dua dulu?” “kira-kira pembayarannya cash atau pakai credit card bu?”Jangan sampai melewatkan tahapan ini sia-sia dengan secara terus menjelaskan
tanpa mengajaknya membeli. (*Afiev)
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Marketing / Tips Bisnis dengan judul 3 Tahapan Sebelum Pelanggan Membeli. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://setirbisnis.blogspot.com/2013/06/3-tahapan-sebelum-pelanggan-membeli.html. Segala bentuk Copy Paste wajib disertakan link balik ke blog ini. Terima kasih!
Ditulis oleh: afiev dewanta - Wednesday, 26 June 2013

Belum ada komentar untuk "3 Tahapan Sebelum Pelanggan Membeli"

Post a Comment