Setir Bisnis

Artikel, Tips, Inspirasi Bisnis Indonesia

Cara Deal dengan Pelanggan dalam 1 Menit


Untuk membuat presentasi singkat yang efektif dan ampuh, yang harus Anda lakukan adalah menterjemahkan fitur-fitur dan fungsi dari produk atau jasa Anda kedalam manfaat yang bermakna bagi pelanggan.

Fitur adalah “produk seperti apakah itu?”-sedangkan manfaat adalah “mengapa seseorang tertarik / peduli pada produk itu?”
Hal ini sangat penting karena seseorang pembeli akan membeli ketika mereka menemukan manfaat yang dapat ia dapatkan jika membeli produk itu, bukan secanggih atau sebagus apa produk tersebut.

Ambil contoh mudah, ketika Anda senang bermobilisasi sangat sering di dalam kota dengan cepat, maka yang anda butuhkan adalah mobil yang berukuran sedang, bahkan kecil untuk memudahkan Anda bermanuver ketika macet. Percuma jika kebutuhan anda mobilisasi tersebut Anda menggunakan mobil sport mewah dengan body carbon yang ringan, walaupun dia memiliki kecepatan puluhan kali lebih cepat, namun tetap saja kebutuhan Anda hanya untuk di dalam kota, bukan untuk balapan di trek.

Hati-hati dalam menterjemahkan fitur kedalam manfaat, karena banyak sales atau marketing membuatnya menjadi kacau bahkan tidak nyambung. And dapat mempelajari karakteristik pelanggan Anda di 2 Tipe Dasar Pelanggan Anda. Contoh yang sering saya gunakan adalah “ada sebuah rumah pojok, dengan halaman luas, dan banyak jendela di rumah tersebut” jika Anda menjual dengan kalimat persis seperti demikian, maka akan sangat kecil kemungkinannya orang akan membeli.

Namun beda halnya ketika kalimat tersebut diubah menjadi “ada sebuah rumah pojok dimana disana akan ada halaman luas yang bisa Anda gunakan untuk bersantai, bermain dengan keluarga, bahkan untuk perkumpulan keluarga besar, rumah pojok ini juga memiliki banyak jendela yang berarti akan lebih banyak intensitas cahaya matahari yang masuk menerangi rumah Anda, dan otomatis Anda dapat menghemat listrik dari penggunaan lampu pada siang dan sore hari.”


Pertanyaannya, dapatkah sekarang Anda mulai mengubah gaya presentasi Anda menjadi sesuatu yang lebih menarik dan “bermanfaat” bagi pelanggan Anda? Selamat mencoba. (*Afiev)
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Marketing / Tips Bisnis dengan judul Cara Deal dengan Pelanggan dalam 1 Menit. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://setirbisnis.blogspot.com/2013/06/cara-deal-dengan-pelanggan-dalam-1-menit.html. Segala bentuk Copy Paste wajib disertakan link balik ke blog ini. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Wednesday 26 June 2013

Belum ada komentar untuk "Cara Deal dengan Pelanggan dalam 1 Menit"

Post a Comment